PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 7 MALANG

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Image of Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika

Text

Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika

Drs. Turmudi, M.Ed., M.Sc., Ph.D - Nama Orang;

Buku ini merupakan buku landasan filsafat dan teori pembelajaran matematika serta beberapa temuan dalam penelitian pendidikan matematika. Pengalaman temuan ini diperlukan bagi para guru dalam membelajarkan siswa dengan paradigma baru. Pandangan baru dalam pembelajaran matematika membekali para guru akan pentingnya mengikuti trend secara internasional bahwa pembelajaran matematika hendaknya melibatkan siswa untuk aktif membangun pemahaman matematikanya. Keterlibatan siswa melakukan pengamatan, membuat suatu dugaan atau jawaban sementara (conjecture), dan mengumpulkan data atau informasi untuk membuktikan dugaan yang dibuatnya. Kemudian, merangkaikan informasi yang dikumpulkan dengan informasi hasil pengamatan dan inquiry serta hasil investigasi dan eksplorasi untuk membuktikan dugaan (menguji dugaan) yang dibuatnya. Karenanya, strategi pembelajaran yang bersifat menekankan kepada hafalan (drill) atau rote learning serta mengutamakan kepada routine computation atau algebraic procedural hendaknya sudah harus dikurangi dan diganti dengan cara menekankan kepada pemahamanFenomena alam atau susunan-susunan yang berbentuk pola dapat digunakan guru untuk menjembatani siswa memahami pola-pola matematika. Misalkan, susunan piring, susunan gelas, atau tumpukan benda-benda yang menarik, dapat dijadikan sebagai jembatan memahami pola bilangan yang mengkaitkan antara urutan bilangan dengan ketebalan dari susunan tadi (lihat tumpukan ember di halaman 19 buku ini). Cara memandang matematika sebagai ilmu pengetahuan yang ketat dan terstruktur menyebabkan tidak ada "ruang gerak" bagi siswa untuk berkreasi dan mengembangkan kreativitas. Sebaliknya, pandangan bahwa matematika adalah aktivitas kehidupan manusia, mendorong siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mendorong mereka untuk melakukan percobaan yang mengarah kepada pembuktian conjecture atau dugaan yang dibuatnya


Ketersediaan
P7001510.1 TUR l510.1 TUR lMy Library (500-599)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
510.1 TUR l
Penerbit
Jakarta Pusat : PT LEUSER CITA PUSTAKA., 2009
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-16898-5-4
Klasifikasi
510.1 TUR l
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
cetakan 2
Subjek
Matematika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Drs. Turmudi, M.Ed., M.Sc., Ph.D
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 7 MALANG
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

SMP Negeri 7 Malang adalah salah satu SMP Negeri yang berada di Kecamatan Kedungkandang, Kelurahan Bumiayu di Kota Malang

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik