Text
Pembelajaran dan Penilaian Bahasa Inggris
Proses pembelajaran bahasa Inggris dikemas untuk mengembangkan kemampuan peserta
didik menggunakan bahasa Inggri dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pembelajaran dan penilaian
merupakan proses terpadu, artinya penilaian dilakukan ketika kegiatan pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan kajian pada dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), bahwa pada umumnya
kegiatan penilaian mata pelajaran Bahasa Inggris dirancang sebagai komponen lepas dari kegiatan
pembelajaran dan terkesan formal. Di samping itu, kemampuan guru merancang tugas-tugas penilaian
juga beragam yang berdampak pada kualitas hasil belajar peserta didik. Memperhatikan kondisi ini,
dipandang perlu untuk mengembangkan model penilaian mata pelajaran Bahasa Inggris yang dapat
dijadikan acuan bagi guru untuk mengembangkan kurikulum sekolah. Bahasa merupakan alat untuk
berkomunikasi secara lisan dan tulis. Kompetensi berkomunikasi merupakan kemampuan seseorang
untuk berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam berkomunikasi. Untuk dapat berkomunikasi
diperlukan seperangkat kompetensi lainnya: tindak bahasa, kebahasaan, pembentuk wacana, sosio
kulural, dan strategi. Kompetensi-kompetensi tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat
dipisahkan dan saling mendukung yang diwujudkan dalam keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan,
berbicara, membaca, dan menulis.
P7001420 YEN p | 420 YEN p | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain